About This Blog

Friday, September 18, 2009



Selamat datang di blog ini. Sebuah blog yang sengaja saya buat selama 7 hari 7 malam (diselingi dengan macem-macem aktifitas) untuk ikut-ikutan lomba blog, hasilnya… ya begini ini.

Padahal kalau teman-teman ngerti triknya bikin blog seperti ini, saya yakin hanya butuh 1 hari saja untuk bisa membuatnya, mau tahu… oke saya kasih tahu biar anak-anak Jepara pinter ngeblog dan tidak nyasar mbukak gambar yang tidak-tidak.

1. Pakai Blogspot
Daftar blog pada blogspot.com, mestinya kita wajib punya email lebih dahulu, kalau belum saya sarankan pakai emailnya dari gmail. Mengapa saya sarankan pada blogspot, karena saya bisanya ya pakai blogspot he he he, alasan lain dukungan widgetnya itu banyak sekali. Selain itu adanya keleluasaan kita menggunakan kode HTML/Javascripts akan membuat blog kita lebih jos, nantinya untuk item no 4 – 10 menggunakan widget HTML/Javascripts. Untuk fasilitas ini kayaknya wordpress mesti berbayar.

2. Gunakan template Amoebaneo
Setelah mulai blogging, ubah templatenya biar tampak nggak ndeso karena template bawaan blogspot standar banget n nggak gaul. Ada banyak penyedia Blogger template, misalnya btemplates.com. lha blog ini pakai punyanya amoebaneo.

3. Hosting File
Lha ini yang penting, untuk urusan hosting (naruh file di internet) blog ini memakai jabry.com. karena alamat file yang kita taruh diserver jabry.com sama persis folder dan nama yang kita tulis. Gunanya apa kita mesti menaruh file kita pada hostingan khusus, ya agar nantinya kita lebih mudah menggantinya. Dan yang pasti tentunya loading halaman blog kita lebih cepat mestinya.


4. Auto Summary dan Auto Thumbnail


Agar isi postingan baru tampak ringkas dan ada gambarnya secara otomatis, saya ambil ilmunya dari http://adhiets.blogspot.com/2009/08/memasang-auto-read-more-pada-blogger.html. untuk ukuran gambar dan jumlah huruf yang ingin ditampilkan bisa kita atur.


5. Motives


menu ini merupakan gambar yang dirangkai dijadikan satu. Pada widget OUR PARTNER juga menggunakan teknik ini.


6. Jepara Today

Widget ini meruapakan widget recent post. Bila kita ambil dari feed maka yang tampil hanya 5 post terbaru, tapi kita gunakan scrip dari http://tutorial-jitu.blogspot.com/2008/07/membuat-recent-post-postingan-terakhir.html maka tampilan post bisa kita atur, mau 5,10, 15 dst.


7. Post Label


Script dari http://infotentangblog.blogspot.com/2009/07/recent-post-dengan-label.html ini hanya menampilkan post berdasarkan label. Gunakan script ini 3 kali dengan label berbeda kemudian tambahkan script untuk memasang gambar



8. Comment



Diambil dari shoutmix.com. yang perlu diperhatikan biasanya shoutbox yang sudah terkenal akan mudah kena spam, yaitu dapat kiriman yang isinya aneh-aneh dan terus-menerus.


9. Weather


Diambil dari http://www.weatherforecastmap.com/indonesia/jepara/widget. selain ramalan cuaca ada juga kurs mata uang asing dan jam serta tanggal.

10. Tampilan Flash Relief
Sebenarnya bukan flash, tapi hanyalah kode javascript silahkan pelajari di blog http://modification-blog.blogspot.com/2009/07/membuat-tampilan-gambar-slide.html dengan seksama. gunakan gambar dengan ukuran kecil karena loading awal sangat berat

11. Modifikasi gambar
Yang juga kita perhatikan adalah ukuran kolom pada template amoebaneo, pada kolom kiri lebarnya 185px, kolom tengah(posting) lebarnya 380px dan kolom kanan lebarnya 320px. Maka gambar yang ingin kita gunakan pada masing2 kolom hendaknya disesuaikan lebarnya, jangan sampai terlalu besar. Kalau bisa gunakan photosop untuk manipulasi gambar.

12. Artikel Posting
Artikael/berita diambil dari jeparakab.go.idgojepara.comhendromartojo.infosuaramerdeka.com hanya copy dan di paste.

13. Google Translate
Sebenarnya ini cara praktis untuk menterjemahkan ke bahasa inggris tapi hasilnya tetep nggak bagus (katanya yang bisa english). Tapi blog ini tetep memakai jasa google translate.

Paling-paling setiap item diatas kita kuasai rata 1 jam, maka membuat blog itu tidak terlalu lama cukup 13 jam. Oh ya hampir lupa untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi hendaknya :
1. back up template sebelum kita melangkah ke widget yang baru
2. bila perlu gunakan blog lain untuk kita latihan, sebelum kita pasang pada blog utama kita.
3. sukses ya………..

kritik, saran, pujian dan sebagainya mail ke
ini_hery@yahoo.com